Laman

Kamis, 21 Juni 2012

Islam Satu-satunya Agama Yang Benar



A. PENDAHULUAN
1.   Keyakinan bahwa Islam  satu-satunya Agama Yang Benar  adalah termasuk perkara yang bersifat qath’I,  tsawabit dan badihiy /pasti, tetap dan jelas    (minal umuridl-dloruriyah fid din)  yakni termasuk di antara perkara-perkara agama yang bersifat dhloruriyah (suatu keharusan)  karena telah disepakati dan didukung oleh seluruh ulama’ sepanjang masa lebih-lebih oleh salafus salih berdasarkan nas-nas yang jelas dan  tegas.
2Namun demikian,  sekarang perkara tersebut  sering  mendapat rongrongan dari kalangan-kalangan tertentu terutama dari kalangan akademisi dan pejuang HAM dengan mengatasnamakan toleransi agama mereka menyebarkan  paham pluralisme  agama   dan mengecam setiap orang yang meyakini dan menyatakan kebenaran agamanya dan kesesatan agama lain.
3 . Kelompok ini menyebarkan pahamnya dengan berbagai cara  melalui TV, majalah, koran, buku-buku dan film-film. Mereka tidak segan-segan mengutip ayat-ayat al-Qur’an yang ditafsirkan menurut selera  mereka,  jauh dari manhaj yang
4.   Dengan latar belakang itulah tulisan ini disajikan kepada para pembaca untuk menegaskan ulang bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar sebagaimana yang yang pernah ditegaskan dalam salah satu keputusan Munas Tarjih di Jakarta yang berbunyi:
“sehubungan dengan munculnya pemahaman bahwa orang Islam yang mengklaim agama Islam sebagai yang paling benar adalah salah, berdasarkan al-Qur’an perlu ditegaskan kembali kepada warga Muhammadiyah bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar dan diridloi Allah.” Keputusan Munas Majelis Tarjih Di Jakarta Tahun 2000
Dalam Muqaddimmah Anggaran Dasar Muhammadiyah juga disebutkan “Mematuhi ajaran-ajaran Agama Islam dengan keyakinan bahwa Ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia dan akhirat:

  
B. PENGERTIAN ISLAM
1.      PENGERTIAN UMUM
Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada para rasul-Nya sejak nabi Adam , Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan seterusnya sampai kepada nabi penutup Muhammad saw, sebagai hidayat  dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa dan menjamin kesejahteraan materiil dan spirituil duniawi dan ukhrawi. (MKCH)
}  DALIL-DALIL
}       إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَى نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ وَأَوْحَيْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَعِيسَى وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ وَآَتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا (.النساء:163)
}       شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ (الشورى:13)

2.      PENGERTIAN KHUSUS
Agama yakni agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw ialah apa yang diturunkan Allah di dalam al-Qur'an dan yang tersebut dalam Sunnah yang shahih, berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjuk untuk kebaikan manusia dunia dan akhirat. (HPT)
}  DALIL-DALIL
هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ (33) [التوبة/33]
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ  [الأنبياء/107]
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ . مِنْ مُحَمَّدٍ عَبْدِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى هِرَقْلَ عَظِيمِ الرُّومِ . سَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَى ، أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّى أَدْعُوكَ بِدِعَايَةِ الإِسْلاَمِ ، أَسْلِمْ تَسْلَمْ ، يُؤْتِكَ اللَّهُ أَجْرَكَ مَرَّتَيْنِ ، فَإِنْ تَوَلَّيْتَ فَإِنَّ عَلَيْكَ إِثْمَ الأَرِيسِيِّينَ وَ ( يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَنْ لاَ نَعْبُدَ إِلاَّ اللَّهَ وَلاَ نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلاَ يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ       )صحيح البخارى - (ج 1 / ص 15)

3.      KESIMPULAN
a.      Antara Islam sebagai agama samawi terakhir dan agama wahyu sebelumnya  jelas mempunyai hubungan yang erat karena keberadaannya merupakan mata rantai terakhir agama Allah
b.      Kebenaran-kebenaran fundamental dan nilai-nilai hidup yang bersifat universal yang pernah diajarkan oleh para nabi dan rasul terdahulu  dikukuhkan dan dilestarikan. Sementara beberapa aturan yang merupakan realisasi dan nilai-nilai universal disesuaikan dengan perkembangan hidup ini.

C. Kebenaran Dinul Islam
                        Dalam Al-Qur'an, Allah telah menegaskan sendiri tentang kebenaran Islam sebagai agama bagi seluruh umat manusia, antara lain tersebut dalam :
Surat Ali Imran:83

أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ
Apakah selain agama Allah yang mereka cari, padahal hanya kepada-Nya tunduk siapapun yang ada di langit-langit dan di bumi baik karena taat maupun terpaksa. Dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan.

Ayat di atas menjelaskan bahwa agama yang benar adalah agama yang datang dari Allah SWT. 
Dalam firman-Nya yang lain, pada surat Ali Imran:19, Dia menegaskan :

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ 
“Sungguh agama yang diridlai di sisi Allah adalah agama Islam”
           
Kemudian dalam surat Ali Imran:15, Allah SWT berfirman:
وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِين
Barangsiapa yang mencari agama lain selain Islam maka ia tidak akan diterima dan kelak di akhirat tergolong orang-orang yang merugi
           
Dalam surat Al-Ma'idah:3 Allah juga menegaskan:
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا 
“Hari ini Aku telah sempurnakan bagimu agamamu dan Aku telah cukupkan bagimu nikmat-Ku dan aku telah meridlai Islam sebagai agamu untukmu.

            Dalam Al-Qur'an terdapat beberapa nama untuk menyebut agama yang benar (agama Islam), yaitu "al-Islam" seperti tersebut nama itu dalam surat Ali Imran:85 dan surat al-Ma'idah:3. Nama lain dari agama Islam adalah  Ad-dinul qayyim seperti tersebut dalam surat At-Taubah:36; dan dalam surat Al-Bayyinah:5, disebut dengan istilah :Dinul Qayyimah. Sebutan lain adalah Dinullah seperti nampak dalam surat surat Ali Imran : 83 dan surat An-Nashr:2; "Dinul haq" seperti tersebut dalam surat At-Taubah: 29 dan 33.
              Penegasan Allah SWT dalam Al-Qur'an yang mengatakan bahwa Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW sebagai satu-satunya agama yang benar ajarannya dapat dikuatkan dengan alasan dan bukti sebagi berikut:
a.    Islam sebagai agama yang jelas asal usulnya, yaitu sebagai agama wahyu yang terakhir.
b.    Islam dibawa oleh seorang Nabi terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW.
c.    Ajaran Islam diterangkan dalam Al-Qur'an sebagai kitab suci terakhir bagi seluruh umat manusia.
d.    Ajaran Islam tidak ada yang bertentangan dengan fitrah manusia, tetapi mengatur seluruh aspek kehidupan manusia (manusia). Hal ini sesuai dengan ayat Al-Qur'an  dalam surat Al-Maidah:3; dan surat  Rum:30 yang berbunyi:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُون
“Maka hadapkanlah wajahmu kepada agama (Islam), fitrah Allah, dima Dia menciptakan manusia diatas fitrah tersebut. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. Itulah agama yang yang lurus tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”

e.      Ajaran Islam tertumpu pada ajaran mengesakan Tuhan dan bertujuan menjadikan manusia sebagi sumber kabaikan.
f.   Ajaran Islam dapat diamalkan dengan mudah dan praktis oleh orang yang beriman (tidak memerlukan upacara yang rumit), dan semua ajarannya baik dan lurus sesuai dengan fitrah manusia yang tidak mau dipersulit dan yang kecenderungannya kepada yang baik dan lurus. Hal ini ditegaskan dal Al-Qur'an, dalam surat Al-Ma'idah:50 yang berbunyi:

أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
“Apakah hukum jahiliyah yang mereka cari dan hukum siapakah yang lebih baik daripada hokum Allah bagi kaum yang yakin”
Lihat pula surat Al-Baqarah: 185 dan 286.

 D. SUMBER AJARAN ISLAM  
      Islam sebagai agama samawi terakhir yang baik, benar dan sempurna mempunyai dua sumber ajaran pokok, yaitu Al-Qur'an dan Hadits (As-Sunnah  al-maqbulah)
1. Al-Qur'an
           Al-Qur'an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW (baik isi maupun redaksi) melalui perantaraan Malaikat Jibril as. Al-Qur'an sebagai kitab suci mempunyai beberapa nama, yaitu:  Al-Qur'an, Alkitab, Al-Furqan, dan Az-Zikr, dan lain-lain.
          Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab suci yang terjaga kemurniaannya sejak awal diturunkan sampai sekarang dan sampai hari kiamat. Kemurnian itu tetap terjaga dan dipelihara  oleh penciptanya sendiri, yaitu Allah SWT seseuai dengan firman-Nya dalam surat  Al-Hijr:9 yang  berbunyi:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
      Terbukti bahwa sampai saat ini Al-Qur'an tetap terjaga kemurniannya. Sejak awal diturunkannya, Al-Qur'an ditulis dan dihafalkan oleh para sahabat atas petunjuk Nabi Muhammad SAW. Kemudian kodifikasi Al-Qur'an telah dirintis pada zaman khalifah Abu Bakar dan disempurnakan pada zaman khalifah Usman bin Affan.
Kedudukan dan fungsi Al-Qur'an adalah sebagai berikut:
a.      Sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia. Hal ini antara lain  dijelaskan dalam surat Al-Baqarah:185 yang berbunyi:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
b.   Sebagai sumber dari segala sumber hukum. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab:36 yang berbunyi:
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا
Isi ajaran Al-Qur'an, disamping sebagai pembenar, juga sebagai koreksi terhadap ajaran agama samawi terdahulu. Hal ini dijelaskan dalam surat An-Nahl:64 yang berbunyi:
وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ إِلَّا لِتُبَيِّنَ لَهُمُ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
             Lihat pula Surat An-Nisa':47 dan Al-Ma'idah:48.
c.       Sebagai mu'jizat Nabi Muhammad SAW. Hal ini dijelaskan dalam surat Al-Baqarah:23 yang berbunyi:
وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ  فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا وَلَنْ تَفْعَلُوا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ
       Lihat pula surat Yunus: 38; surat Hud: 13; dan surat Al-Isra': 88
                    Al-Qur'an berisi ajaran-ajaran yang meliputi :
a. Aqidah; ajaran tentang keimanan kepada Allah SWT, Malaikat, Kitab-kitab, Rasul-rasul, Hari Akhir, dan Taqdir Allah.
b. Hukum; yang terdiri atas aturan tentang hubungan manusia dengan Tuhan yang disebut ibadah (cara ritual) dan aturan tentang hubungan manusia dengan manusia lain dalam masyarakat yang disebut mu'amalah.
c. Akhlak; tata aturan tentang bagaimana orang harus berbudi pekerti baik dan menjauhi budi pekerti yang jelek, baik berakhlak kepada Allah, sesama manusia, maupun kepada alam hewani, nabati, dan alam jamadi.
d. Janji dan ancaman Allah. Allah tidak akan memperselisihi janji dan ancaman-ancamannya. Sebagai contoh, barang siapa yang beriman dan beramal saleh, Allah berjanji akan membalas dengan surga, dan barang siapa yang kafir dan berbuat jelek, Allah mengancam dengan balasan neraka.
e. Cerita atau sejarah umat terdahulu; seperti sejarah kaun Bani Israil, kaum Ad, kaum Tsamud, dan raja Fir'aun. Hal itu disebutkan dalam Al-Qur'an agar umat manusia mau mengambil hikmah dari sejarah umat-umat terdahulu tersebut.
f. Cara atau ajaran tentang bagaimana manusia dapat memperoleh kehidupan yang sejahtera dan bahagia.
g. Petunjuk atau cara yang mendorong manusia untuk dapat hidup maju dengan ilmu pengetahuan. Banyak ayat yang mendorong manusia untuk dapat hidup yang lebih maju dengan ilmu pengetahuan dan Allah berjanji akan mengangkat derajat mereka yang menguasai ilmu pengetahuan.

     2. Hadits Nabi.
                        Hadits  yaitu segala perkataan, perbuatan, ketetapan, dan sifat-sifat yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Kaum muslimin sepakat bahwa hadits Nabi atau sunnah Nabi menjadi sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an. Dasarnya adalah sebagai berikut:
a.      Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Hasyr:  yang berbunyi:
وَمَا ءَاتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
b.Hadits Nabi riwaya Ibnu Majah, Abu Dawud, dan lain-lain
 يَقُول الْعِرْبَاضَ بْنَ سَارِيَة قَامَ فِينَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ فَوَعَظَنَا مَوْعِظَةً بَلِيغَةً وَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ وَذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَعَظْتَنَا مَوْعِظَةَ مُوَدِّعٍ فَاعْهَدْ إِلَيْنَا بِعَهْدٍ فَقَالَ عَلَيْكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا وَسَتَرَوْنَ مِنْ بَعْدِي اخْتِلَافًا شَدِيدًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَالْأُمُورَ الْمُحْدَثَاتِ فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ
Al ‘Irbah bin Sariyah berkata: “Pada suatu Rasulullah saw berdiri di hadapan kami lalu menasehati dengan nasehat yang menyentuh, yang dapat membuat hati-hati kami bergetar dan air mata meleleh, Raulullah saw ditanya: wahai Rasulullah engkau telah menasehati kami dengan nasehat orang yang berpamitan maka berpesanlah engkau kepada kami dengan satu pesan, Beliau berkata: tetaplah kalian bertaqwa kepada Allah swt, patuh dan tunduk pada pemimpin walaupun ia seorang budak yang hitam legam. Kalian akan melihat perselisihan yang amat dahsyat setelah peninggalanku. Maka tetaplah kalian berpegang teguh kepada sunahku dan sunah khulafaurrasyidin yang diberi petunjuk, gigitlah dengan gigi geraham kalian. Jauhilah oleh kalian perkar-perkara yang baru (bid’ah) karena setiap bid’ah itu sesat”.
               Para sahabat sepakat  bahwa sunnah Rasul dijadikan sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an. Kesepakatan itu berlaku sejak Rasul masih hidup sampai setelah wafat. Mereka selalu menaati hadits Rasul; menaati perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya.
Al-Qur'an adalah kitab suci yang berisi aturan hidup secara umum yang masih memerlukan penjelasan. Contoh, mengenai shalat dalam Al-Qur'an hanya diperintahkan, tetapi tidak ada penjelasan tentang bagaimana tata cara melakukan shalat. Untuk menjelaskan tata cara shalat ini, Nabi memberikan contoh pelaksanaannya.
            Segala sesuatu mengenai hidup dan kehidupan sudah diatur oleh Al-Qur'an dan Hadits Nabi, tetapi tidak semuanya bersifat rinci. Ada yang diatur secara global (garis besar atau prinsip-prinsipnya) dan ada yang diatur secara detail. Untuk penjabaran dan pengembangan hal-hal yang belum diatur secara detail, Al-Qur'an dan Hadits memberikan kesempatan kepada para ulama mujtahidin untuk melakukan ijtihad, yaitu menggunakan pikiran untuk menentukan sesuatu (hukum) yang tidak ditentukan secara eksplisit oleh Al-Qur'an dan Hadits.  Dalam surat An-Nisa':59 Allah SWT berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
Dalam menggunakan ijtihad, para mujtahidin menggunakan metode ijma', qiyas, istihsan dan mashalih mursalah. Keputusan ijtihad tidak bersifat absolut, karena merupakan produk akal pikiran, tidak berlaku bagi semua orang dan semua masa, dan tentu saja tidak boleh bertentangan dengan Al-Qur'an dan Hadits. ((Zaky Mubarok, dkk : 62-74)
D. ASPEK-ASPEK AJARAN ISLAM        
Secara garis besar, ajaran Islam mencakup 4 aspek, yaitu:
1.      Aqidah, yaitu aspek keyakinan atau keimanan kepada perkara-perkara yang dijelaskan  dalam rukun Iman. 
Aqidah adalah merupakan fundasi ajaran Islam yang sifat ajarannya pasti, mutlak kebenarannya, terperinci dan monoteistis. Ajaran intinya adalah mengesakan Tuhan (tauhid). Oleh karena itu, ajaran aqidah Islam yang tauhidi sangat menentang segala bentuk kemusyrikan.
2.      Ibadah, yaitu aturan-aturan tentang tata cara hubungan manusia dengan Allah atau segala cara dan upacara pengabdian yang bersifat ritual yang telah diperintahkan dan diatur cara-cara pelaksanaannya dalam Al-Qur'an dan Hadits Nabi. Seperti, shalat, puasa, haji, dan lain-lain.
3.      Akhlak, yaitu aturan tentang perilaku lahir dan batin yang dapat membedakan antara perilaku yang terpuji dan tercela,  antara yang salah dan yang benar, antara yang patut dan yang tidak patut (sopan); dan antara yang baik dan yang buruk.
Sifat ajaran akhlak Islam adalah universal, eternal, dan absolut, dan akhlak yang benar menurut Islam adalah akhlak yang dilandasi dengan iman yang benar.
4.      Mu'amalah, yaitu aturan tentang hubungan manusia dengan manusia dalam rangka memenuhi kepentingan atau kebutuhan hidupnya, baik yang primer maupun yang sekunder. Contohnya, ialah berdagang, perkawinan; termasuk masalah hukum pidana dan hukum tata negara.  ((Zaky Mubarok, dkk: 78-80)
E.      خصائص الأسلام (KARATERISTIK DINUL ISLAM )
         Dinul Islam mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki agama lain dan sekaligus merupakan kekuatannya.
1.Agama Islam adalah agama Allah (dinullah), yakni seluruh ajarannya  bersumber dari Allah SWT baik  melalui wahyu langsung (Al-Qur'an) maupun tidak langsung (Hadits Nabi). Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat  39:2 yang berbunyi:

إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ

Lihat pula surat 32:2

1.      Agama  Islam mengandung ajaran-ajaran yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. (syumul).
2.      Agama Islam berlaku untuk seluruh umat manusia sampai akhir zaman (al-'umum)
3.      Agama Islam mengandung ajaran-ajaran yang sesuai dengan fitrah manusia, sebagaimana firman Allah dalan Al-Qur'an surat 30:30 yang berbunyi:
فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ 
4.      Agama Islam menempatkan akal manusia pada tempat yang sebaik-baiknya, sebagimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat 7:179 dan surat 31:20 yang berbunyi:
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ ءَاذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُون
5.      Agama Islam berfungsi sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta, sebagaimana firman Allah dala Al-Qur'an surat 21:107 yang berbunyi:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Agama Islam mengorientasikan umat manusia ke masa depan (akhirat) tanpa melupakan masa kini (dunia), sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat 28:77 yang berbunyi:
وَابْتَغِ فِيمَا ءَاتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
      Bagi orang yang  beriman masa depan itu penuh harapan,  karenanya ia harus selalu optimis dan menghilangkan pesimisme.
Agama Islam menjanjikan balasan (aljaza') yakni syurga bagi orang-orang yang beriman dan neraka bagi orang orang-orang  yang kufur kepada Allah SWT sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat 98:6-8 yang berbunyi:
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُولَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ(6)إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ(7) جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ(8)
( Sistem Pengkaderan Muhammadiyah BPK PP Muhammadiyah))



22 komentar:

  1. mohon dicek ulang kesesuaian ayat dan isinya...

    BalasHapus
  2. assalaamu'alaikum.,secuil masukan dari saya(lillahi ta'ala),saya mendapati ada kesalahan pada blog ini (kita berlindung kepada alloh swt mudah2an ini bukan disengja)yaitu disini disebutkan surat al-imran ayat 15 padahal itu adalah ayat 85:وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِين...terima kasih.asalaamu'alaikum.

    BalasHapus
  3. tolong di koreksi lagi yah :)

    BalasHapus
  4. mohon di koreksi lagi, jangan sampai salah pemahaman.

    BalasHapus
  5. bahkan allah swt yang katanya tuhan itu menyesatkan umatnya hanya iblis dan setan yang menyesatkan tapi islam mengklaim allah swt adlah iblis dan setan itu
    1. IBLIS berbagi tugas dengan ALLOW SWT dalam rangka penyesatan manusia.
    2. IBLIS adalah penyesat sama seperti ALLOW SWT adalah penyesat.
    3. IBLIS beragama islam, sama seperti ALLOW SWT pemilik agama islam.
    4. IBLIS bertempat tinggal di surga sama seperti ALLOW SWT juga di surga islam.

    Siapa yang membela IBLIS?
    Tentu yang bersaudara dengan IBLIS!

    Siapa yang bersaudara dengan IBLIS?
    Al quran mengatakan, yang sama sama beragama ISLAM!

    Siapa yang beragama ISLAM?

    ALLOW SWT, IBLIS dan Pengikut ALLOW SWT + PENGIKUT IBLIS

    Apa agama IBLIS? ISLAM
    ISLAM AGAMA APA? IBLIS

    Bagaimana karakter IBLIS, dapat anda simak dan anda pahami sesuai dengan karakter ALLOW SWT:
    Allow swt Penyesat
    Sendiri
    QS 04 : 143
    QS 04 : 88
    QS 05 : 41
    QS 06 : 39
    QS 07 : 178
    QS 13 : 27
    QS 14 : 4
    QS 16 : 93
    QS 18 : 17
    QS 30 : 29
    QS 35 : 8
    QS 39 : 23
    QS 39 : 36
    QS 40: 74
    QS 40 : 34
    QS 42 : 44
    QS 42 :46
    QS 45 : 23
    QS 47 : 1
    QS 74 : 31
    Berbagi tugas dengan setan setan
    QS 04 : 118
    QS 15 : 39.
    QS 38 : 82
    Mengutus setan setan
    QS 19 : 83.
    QS 43 : 36
    Pemimpin setan setan
    QS 21 : 82
    Sama seperti IBLIS
    QS8 : 24
    Allow swt PENIPU ULUNG Huwallahu khoirul maaqirin
    QS 3 : 54
    QS 8 : 30
    QS 4 : 142
    QS 10 : 21
    QS 27 : 50
    QS 43 : 79
    QS 86 : 16
    Allow pembohong
    QS 42 : 51
    QS 2 : 259
    Allow Pembuat kacau
    QS 6 : 123
    Alow sadis
    QS 9 : 5
    QS 8 : 12
    QS 4 : 89

    BalasHapus
    Balasan
    1. @hanya mimpi, anda terlihat seperti orang bodoh, berbicara tidak jelas tanpa bukti, semua bukti yg kamu berikan pun tidak benar (fitnah) semoga Allah memberimu hidayah. Aamiin.

      Hapus
  6. Tai Balao kalau cuma agama islam yg kau anggap benar agama orang tidak,,agama bukan jd soal benar tidaknya ttpi pengikutnya,dimana pengikutnya masih percaya yg namanya spiritual pandai meramal dan percya ramalannya itu berarti mendahului kehendak Tuhan,,di Alkitab sya tidak ada agama yg ditentukan oleh Tuhan,Karena kata agama itu manusia yg beri nama sesuai ajarannya,tapi klo menurut pernyataan diatas agama Islam katanya dari Tuhan tlong ditunjukkan di alqurannya bagian mana, klo ada berarti agama islam memang yg paling mulia tp lebih mulia agama Kristen yg percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Jurus slamat manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.  Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS. Al-Nisa': 48) kesempurnaan adalah milik allah kita hanyalah manusia tempatnya khilaf dan dosa,
      " Adapun rukun iman itu ada 6,beriman kepada Alloh, dan beriman kepada malaikat-malaikatnya Alloh, dan beriman kepada kitab-kitabNyatermasuk injil dll, dan beriman kepada para Rasul Nya, beriman kepada hari akhir, dan beriman kepada takdir baik dan buruk dari Alloh SWT ".maaf jika penyampaian saya kurang karna saya masih butuh banyak belajar,,trimakasih

      Hapus
    2. Islam mempunyai larangan untuk menyembah tuhan selain Allah, Syirik adalah dosa terbesar dari dosa yg lain, bagaimana anda bisa bicara seperti itu? Jangan bicarakan soal keburukan umat Islam, karena kami punya kaum yg buruk, begitu juga kamu mempunyai kaum yang buruk.

      Hapus
  7. Bila Anda mengaku sebagai orang yang beragama maka tunjukkan sikap tingkah laku sesuai ajaran agamamu. Bila Kristen yang Anda anggap baik, baru saya tahu Kristen mengajarkan bersikap,bertutur kata tidak baik terhadap orang lain.Jadi menambah keyakinan saya thp Kristen itu agama yg tdk baik.

    BalasHapus
  8. @hanya mimpi, anda terlihat seperti orang bodoh, berbicara tidak jelas tanpa bukti, semua bukti yg kamu berikan pun tidak benar (fitnah) semoga Allah memberimu hidayah. Aamiin.

    BalasHapus
  9. ISLAM AGAMA SAMAWI BUAT TUNTUNAN PERADABAN UMAT MANUSIA


    Muslim adalah orang yang percaya, tunduk dan patuh kepada Tuhan, Allah (QS. 41:30), percaya para nabi dan Rasul-Nya, percaya kepada ajaran wahyu-Nya yang disampaikan melalui para nabi/rasul baik berupa yang belum ada kitab suci terutama yang sudah tertuang dalam kitab suci. Jadi semua nabi dan rasul itu adalah Muslim, ya benar, tapi semua nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad SAW beragama Islam, ya belumlah!.

    Karena terhadap para nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad SAW belumlah ada 'penamaan' agama oleh Allah Ta’ala atas ajaran yang disampaikan-Nya dan kalaupun ada penamaan atas ajaran-Nya adalah bersifat sementara seperti istilah 'millata Ibrahim' (a.l. QS. 2:135). Sedangkan adanya anggapan bahwa istilah atau nama agama Yahudi ataupun Nasrani apalagi Kristen dalam Al Quran tidaklah dikenal sama seklai jadi kalaupun ada agama Yahudi dan Nasrani itu bukanlah agama ‘samawi’..

    Nama agama belum diabadikan dan ajaran wahyu 'perlu' melalui suatu proses panjang sesuai dengan tingkat kemajuan kehidupan dan peradaban umat manusia sejak era Adam As, Sang Khalifah, manusia pertama (belum adanya status jabatan sebagai nabi dan rasul) sampai era Nabi dan Rasul Isa Al Masih, maka di era Rasul Allah dan sekaligus penutup para nabi, yakni MUHAMMAD SAW (QS. 33:40) diabadikanlah nama, identitas dan istilah 'ISLAM' sebagai satu-satunya agama yang dari dan diridhai ALLAH SWT (QS. 5:3).


    http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/01/22/nijfdo-profesor-yahudi-hanya-ada-satu-agama-yaitu-islam

    BalasHapus
  10. Apa Maksudnya Islam Agama Benar.!?
    Jika Anda adalah penganut agama Islam,
    Maka ISLAM harus 100% benar.

    Benar disini berarti damai, membahagiakan, baik, bermanfaat, dan seribu kata positif lain. Yang tidak benar berarti bukan Islam. Ketidakbenaran itu berarti permusuhan, penindasan, dan hal-hal yang merugikan orang lain.

    Jadi BENAR disini bukan hanya pembelaan saat Islam diserang non-muslim. Bukan pula diucapkan saat Islam dikritik karena perilaku anarki pengikutnya. Tapi ditanamkan dalam hati oleh penganut Islam saja, sebagai usaha membersihkan Islam dari ketidakbenaran, agar Islam menjadi ajaran 100% kebaikan.


    http://www.taohidsonline.com/2015/02/apa-maksudnya-islam-agama-benar.html

    BalasHapus
  11. Permisi Numpang Promo
    Refiza Souvenir menyediakan paket yasin untuk souvenir acara pengajian tahlilan dan berbagai macam souvenir tasbih cantik dan elegan untuk oleh-oleh haji dan umroh. cek katalog kami di www.refiza.com

    BalasHapus
  12. Kalian hanya meningikan agama sendiri dan apa kalian tau tuhan menciptakan banyak agama

    BalasHapus
  13. Kalian hanya meningikan agama sendiri dan apa kalian tau tuhan menciptakan banyak agama

    BalasHapus
  14. Tuhan Yesus Tidak membunuh siapapun. Amat penting bagi umat manusia untuk meneladani seseorang yang Tidak membunuh.

    Sebaliknya, sungguh amat berbahaya bila umat manusia meneladani seseorang yang Membunuh. Apalagi dia sudah membunuh banyak sekali manusia. Sejarah sudah membuktikan itu sejak abad ke-7. Peradaban bangsa-bangsa menjadi Buruk. Sejarah umat manusia menjadi Kelam. Mulai dari Kebencian, Intoleransi, Perang, hingga Terorisme. Tanyakan saja kepada Densus 88. Dari ratusan kasus teror yang ditangani oleh Densus 88 Anti Teror dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) semuanya 100% berasal dari suatu agama tertentu.

    Di negara-negara dan bangsa-bangsa yang didominasi agama yang meneladani seseorang yang Membunuh selalu dipenuhi ciri-ciri ini : Kebencian, Konflik, Terorisme, Perang, Jutaan pengungsi eksodus, Bom bunuh diri, Intoleransi, Penindasan, Diskriminasi, Saling Bunuh-membunuh, poligami merajalela, Perempuan dinomorduakan, Kekejaman merajalela, Science and technology Sulit berkembang, Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Sulit meningkat, Inovasi Sulit tercipta, Education tertinggal, Research & development sangat lambat, Pertanyaan dianggap Penghujatan, Kritik dianggap Penghinaan dan Penistaan, Music and Arts sulit berkembang, Sports sulit berjaya, Kerusakan alam, Kebodohan merajalela, kepala manusia dipenggal, tangan manusia dipancung, 2 insan manusia dirajam hingga mati, Puasa sebagai Topeng, kecerdasan anak bayi dibawah rata-rata, Hak asasi untuk berpindah agama diberangus, Tourism turun drastis, Kebencian terhadap orang lain yang diberi label “kafir”, Pembunuhan terhadap mereka yang diberi label “murtad”, kemunafikan dimana-mana, Ketidakadilan sosial, dan lain-lain.

    ..

    BalasHapus
  15. Sebaliknya, Tuhan Yesus TIDAK membunuh siapapun. Tuhan Yesus bahkan memerintahkan setiap manusia untuk mengasihi sesama manusia, sesama ciptaan Allah tanpa kecuali, tanpa batas agama, tanpa batas keyakinan, tanpa batas apapun.

    “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap akalmu dan kekuatanmu, dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

    “Bahkan Kasihilah mereka yang berbuat jahat kepadamu karena mereka sesungguhnya tidak mengerti apa yang mereka perbuat.”

    Dan Tuhan Yesus Kristus bukan hanya mengajarkannya, namun DIA benar-benar MELAKSANAKANNYA setiap hari setiap detik secara SEMPURNA. Dia selalu setiap hari setiap detik Melakukan yang Terbaik bagi Sang Pencipta dan Semua ciptaan-NYA.

    Bangsa-bangsa yang berusaha sekuat tenaga untuk meneladani Cinta Kasih Tuhan Yesus Kristus memiliki ciri-ciri ini : Kedamaian, Ketentraman, Kesejahteraan, Kemakmuran, Kepedulian kepada sesama manusia, Science & Technology berkembang pesat, Ilmu Kesehatan, Pangan, & Kedokteran tumbuh pesat, Inovasi selalu tercipta, Music and Arts mengagumkan, Sports berjaya, Education terbaik sedunia, Tidak ada label “kafir”, Tidak ada label “murtad”, Keadilan sosial, Hukuman yang mendidik dan bukan hukuman yang membunuh, Pariwisata (Tourism) ramai dikunjungi para turis dari semua bangsa dan dari semua agama, Kecerdasan anak bayi diatas rata-rata, Alam indah menakjubkan, Research & Development sangat maju, Hak asasi manusia ditegakkan, Hak asasi untuk berpindah agama dilindungi, Pertanyaan tentang agama dijawab, bukan dianggap penghujatan, Kritik terhadap agama Tidak dianggap Penghinaan, melainkan sumber introspeksi, koreksi, pertobatan, dan kebaikan bagi agama itu, Sarana dan fasilitas bagi kesejahteraan publik sangat baik, dan lain-lain.

    ..


    BalasHapus
  16. Saat ini seluruh dunia sedang Pusing akan 1 hal.
    PBB (United Nations) sedang Pusing akan 1 Problem Besar. Begitu juga dengan Uni Eropa, Africa, America, Asia, Australia, Asean, bahkan termasuk juga negara-negara anggota OKI mengakui hal itu. Yaitu Problem yang berasal dari suatu ideologi (agama). Agama ini menjadi BEBAN bagi seluruh umat manusia. Seluruh dunia sedang Terbebani oleh suatu ideologi (agama), yaitu agama yang berusaha meneladani seseorang yang telah membunuh banyak orang. Membunuh sesama ciptaan Sang Pencipta. Mereka yang mengimani ideologi ini berusaha sekuat tenaga untuk meneladani seseorang yang membunuh banyak manusia demi memperoleh “Upah sorga dan bidadari.”

    Sungguh berbahaya bila umat manusia meneladani seseorang yang membunuh banyak orang. Sejarah umat manusia Sudah Membuktikan itu sejak abad ke-7. Dampaknya bagi peradaban dan sejarah umat manusia adalah Buruk.

    Bahkan agama ini menciptakan Kebencian ( Hatred ) terhadap orang lain yang diberi label “kafir”.

    Bagaimana mungkin Sang Pencipta mengajarkan ciptaan-Nya untuk membenci ciptaan-Nya yang lain.
    Bagaimana mungkin seorang Ayah yang Bijak mengajarkan anaknya untuk membenci anaknya yang lain.


    Anda tahu apa bedanya Hatred and Love ?
    Hatred Kills! Love Creates LIFE !
    Kebencian menciptakan Kematian. Cinta Kasih menciptakan KEHIDUPAN !

    Love is GOD. GOD is Love. Wherever is GOD, there is Love. Wherever is Love, there is GOD.

    The world needs Love. The whole universe needs Love. Seluruh dunia membutuhkan Cinta Kasih. Seluruh alam semesta membutuhkan Cinta Kasih.

    Setiap sel hidup, setiap kromosom, setiap organ, setiap molekul, setiap inti atom, setiap partikel, setiap substance, setiap zat apapun yang ada di semua galaksi yang ada di seluruh alam semesta ini Hanya membutuhkan 1 hal untuk bisa bertahan hidup, yaitu LOVE.

    Oleh karena itu seluruh umat manusia dan seluruh alam semesta ini Harus Meneladani Tuhan Yesus Kristus.
    “Jadikanlah semua bangsa murid-KU….. Dan ajarkanlah mereka segala sesuatu yang telah AKU ajarkan kepadamu.”

    Ajaran dan Teladan Tuhan Yesus Kristus Cuma 1, hanya 1, satu-satunya, 1 saja, Tidak lebih dari 1, One and only, Tidak ada Ajaran-NYA yang lain selain yang 1 ini, apakah itu ???
    Anda Benar sekali !!! Love ……. Cinta Kasih

    “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap akalmu dan kekuatanmu. Dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

    Selalu setiap hari setiap detik Melakukan yang TERBAIK bagi Sang Pencipta dan Semua ciptaan-NYA.

    ..

    BalasHapus
  17. Anda punya suatu Problem yang Sangat Besar? Suatu Problem yang Lebih Besar dari kekuatan manusia, bahkan Lebih Besar dari kekuatan seluruh umat manusia.

    Misalkan anak yang sangat anda sayangi terbaring di Ruang ICU Rumah Sakit, dan para dokter mengatakan bahwa mereka sudah berupaya Maksimal untuk menyelamatkan nyawa anak anda, dan mereka mengatakan bahwa anda harus berserah kepada Yang Maha Kuasa karena waktu anak anda hanya tinggal beberapa jam lagi.

    Saya minta anda ucapkan kalimat ini tepat di samping anak anda itu :
    “Tuhan Yesus, Selamatkanlah anakku.”

    Ucapkanlah dengan Bersuara, Jangan di dalam hati. Kalimat itu harus Jelas terdengar dari mulut anda. Ucapkanlah berulang-ulang.

    Maka anda akan melihat Mujizat Besar Terjadi. Anda akan melihat Pencipta langit dan bumi Bertindak Menyelamatkan anak anda. DIA bertindak karena mendengar Nama-NYA dipanggil, meskipun dipanggil oleh seseorang yang belum dibaptis, belum sepenuhnya Percaya, dipanggil oleh iman yang sangat kecil karena sebenarnya anda masih meragukan Nama-NYA, namun DIA akan Segera BERTINDAK!

    Tangan-NYA akan Bergerak menunjukkan Kuasa-NYA yang Dahsyat karena DIA sangat Menghargai Keberanian dan Ketulusan anda Memanggil Nama-NYA.

    Tuhan Yesus Sang Pencipta alam semesta ini dan juga Sang Juru Selamat umat manusia itu akan Segera Bertindak menyelamatkan anak anda.

    Do it and See it !!!

    .

    BalasHapus
  18. makasih, moga eksis terua untuk dakwah penverahan umat...

    BalasHapus
  19. Ijin share 3 link ini gan
    Kritikku sendiri terhadap agama untuk mencegah terorisme (baru dari saya)
    Ada tambahan keduabelas, B isi paragraph 2, 27, D. CATATAN, 21
    1. tentang mereka orang yang rela dan berani disiksa sampai mati pada masing-masing agama... paragraf 1a dan 1b
    2. tuhan menganiaya dan tidak suci karena potensi kejahatan yang dibuatnya... paragraf 2
    3. tidak adil antara muslim sejak lahir, kafir sejak lahir dan muhammad... paragraf 5
    4. langit 7 lapis dan lainya hanya sangat kecil dibanding seluruh alam semesta dan bisa hanya penyesatan setan setelah setan tahu beberapa, tapi hanya pada hal kepercayaan... paragraf 11
    5. pertanyaan sama pada bibel dan quran, kenapa bibel seperti tidak dijaga (dalam ajaran islam), dll. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tuhan ceroboh ... paragraf 11
    6. jika normal, fungsi diri baik, dan cobaan tidak pernah terlalu berat maka tidak ada manusia yang gagal ... paragraf 18-20
    7. tuhan dapat menyelesaikannya dengan lebih baik. manusia bukan pemimpin di bumi ... paragraf 21
    8. arti aniaya ... paragraf 23
    9. tuhan juga punya andil dalam kejahatan dan penganiayaan karena dialah pencipta segala yang ada termasuk potensi ... paragraf 26
    10. jikaada yang ingin mengkritik tulisanku ini dengan menihilkan segala sesuatu ... paragraf 27
    http://wrotefromrdjorharmikel.blogspot.co.id/2017/07/kritik-agama-tuhan-tidak-maha-suci-dan.html
    Alam semesta itu tetap tidak meluas. Tidak dapat kembali ke masa lalu sekalipun tuhan, tuhan tidak maha kuasa
    Daftar isi
    1. Alam semesta itu tetap, tidak meluas ... par 1
    2. Tidak dapat kembali ke masa lalu sekalipun tuhan, tuhan tidak maha kuasa ... par 2
    http://wrotefromrdjorharmikel.blogspot.co.id/2017/08/alam-semesta-itu-tetap-tidak-meluas.html
    Kritik Maha, Maha Esa, Maha Mengetahui, Maha Awal, Maha Akhir Dll
    Daftar Isi
    1. Tuhan bergantung pada kemampuannya sama seperti makhluk ... par 1
    2. Tuhan tidak maha esa karena proses belajar ... par 2
    3. Ada yang menyerupai tuhan dan tuhan tidak maha awal dan maha akhir karena periode primer ... par 3
    4. Tuhan tidak maha mengetahui dan dapat diragukan maha esanya karena alam semesta tidak terhingga ... par 4
    5. Tuhan tidak maha esa karena ruang ... par 5
    http://wrotefromrdjorharmikel.blogspot.co.id/2017/08/kritik-maha-maha-esa-maha-mengetahui.html

    ijin share lagi 2 link ini gan
    Tuhan Melakukan Kesia-siaan
    Daftar Isi
    1. Kesia-siaan malaikat ... Par 1
    2. Kesia-siaan manusia ... Par 2
    3. Kesia-siaan iblis ... Par 3
    4. Kesia-siaan alam semesta ... Par 4
    5. Kesia-siaan doa ... Par 5
    6. Referensi
    http://wrotefromrdjorharmikel.blogspot.co.id/2017/10/god-did-useless-tuhan-melakukan-sia-sia.html
    Jangan Hilangkan Hak Orang Kafir untuk Bertaubat dengan Terorisme. Tuhan yang Adil Takkan Menghukum seseorang atas Kesalahan yang Tidak Diperbuatnya. Hanya Tidak Percaya Tidak Pantas Dihukum Berikut Alasannya. Dll

    Daftar Isi
    1. Jangan hilangkan hak orang kafir untuk bertaubat dengan terorisme. Tuhan yang adil takkan menghukum seseorang atas kesalahan yang tidak diperbuatnya ... par 1
    2. Alasan terorisme menurutku ... par 2
    3. Hanya tidak percaya tidak pantas dihukum salah satu alasannya karena bukan kejahatan dan alasan lainnya ... par 3
    4. Belum jelas bukti kenapa solat diwajibkan ... par 4
    5. Jika tuhan tidak butuh manusia, dan Dia maha kuasa, maka manusia hanya perlu bersantai sepanjang hidup ... par 5

    http://wrotefromrdjorharmikel.blogspot.co.id/2018/03/dont-erase-unbeliever-right-to-repent.html

    BalasHapus